Tips Selamat Berenang di Pantai

23 views

Belum lama ini ramai diberitakan kalau seorang remaja asal Australia mengalami luka di kaki setelah mencelupkan kakinya ke Pantai Dendy Street, Brighton.

Hingga kini, belum diketahui penyebab luka tersebut, walau ada yang menduga kalau kutu laut menjadi penyebabnya.

Kasus seperti itu bukan berarti membuat kita takut untuk berenang di pantai. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diingat, agar tetap selamat selama liburan:

1. Tutup luka

Bagian tubuh yang berdarah akan menarik perhatian makhluk laut. Tutupi luka dengan perban sebelum menceburkan diri ke pantai. Jika luka masih parah, urungkan diri agar tak terkena infeksi.

2. Berenang di keramaian

Banyak kasus tenggelam di pantai karena korban berenang seorang diri. Kalau merasa tidak terlalu handal menantang arus, sebaiknya berenang di dekat teman atau tak jauh dari pengawasan penjaga pantai.

[Gambas:Instagram]

3. Ikuti ombak

Bagi yang gemar berselancar, ombak besar malah dianggap menantang. Namun, sepandai-pandainya perenang, jika panik saat digulung ombak tentu saja akan membahayakan keselamatannya.

Dalam situasi seperti ini, jangan langsung memaksakan diri berenang ke arah pantai. Sebaiknya munculkan kepala ke atas air dan usahakan agar badan terus mengambang ke permukaan.

Jika arus sudah tenang, segara berenang perlahan ke daratan terdekat.

[Gambas:Instagram]

4. Baca cuaca

Seseorang yang berada di alam terbuka, seperti pantai, lebih memiliki kemungkinan besar untuk tersambar petir.

Kalau langit sudah mendung walau hujan belum turun, sebaiknya keluar dari perairan dan mencari tempat berteduh. Selain petir, gulungan ombak besar juga bisa jadi ancaman mendadak.

5. Tes dengan kaki

Masuki perairan secara perlahan dengan merendam kaki selama 10 menit terlebih dahulu.

Selain untuk mengetes kedalaman dan suhu air, langkah ini dilakukan agar badan tak langsung menghantam karang yang bisa menyebabkan luka.

[Gambas:Instagram]

6. Pantai bukan kolam renang

Menjauhlah segera dari perairan jika melihat makhluk laut yang sekiranya bakal menyengat atau menggigit. Jangan berusaha mendekat atau memegangnya, karena mereka bisa langsung menyerang demi melindungi diri.

Ketahui juga kalau pantai juga bukan kolam renang, sehingga perlu tenaga lebih kuat dan teknik khusus untuk mengambang di perairannya. 

7. Tanya penjaga pantai

Sebelum berenang di tempat baru, tanya ke penjaga pantai area yang aman untuk menceburkan diri.

Sebaiknya tidak berenang di pantai yang tak memiliki penjaga pantai, karena belum tentu ada pengunjung pantai lainnya yang bisa membantu menyelamatkan orang tenggelam.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170809111233-269-233450/tips-selamat-berenang-di-pantai/

KLIK DISINI untuk menuju ke sumber berita atau informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *