Masih Single, Pilih Asuransi Jiwa Atau Kesehatan ya?

26 views

Finansialku

Sudah bukan rahasia lagi, urusan memilih jenis asuransi yang pas buat seorang lajang kadang memang membingungkan. Ada yang bilang asuransi jiwa lebih baik, di sisi lain asuransi kesehatan dinilai lebih masuk akal.

Pada intinya, kedua asuransi itu sama-sama bagus, dan sama-sama berguna buatmu. Tapi ada juga perbedaannya. Mari kita kenali lebih dalam dulu yuk tentang kedua asuransi ini.

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa akan memberi kita perlindungan atas kerugian finansial akibat meninggal dunia atau catat tetap dan total. Asuransi ini memiliki banyak sekali manfaat, karena uang pertanggungan yang diberikan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Asuransi Kesehatan

Berbeda dengan asuransi jiwa, asuransi kesehatan akan melindungi nasabah dari kerugian finansial atas risiko penyakit dengan menggantikan biaya pertanggungan. Selain itu, asuransi kesehatan juga bisa dimanfaatkan untuk menanggung biaya rawat gigi, kehamilan, dan risiko kesehatan lain.

Varian asuransi kesehatan juga beragam. Ada yang pergantian biaya rawat inap, rawat jalan, hingga cash reimbursement.

Kalau memang belum ada bujet buat bayar premi, pilih salah satunya aja ya (asuransi/ coverfox)
Kalau memang belum ada bujet buat bayar premi, pilih salah satunya aja ya (asuransi/ coverfox)

Mana yang Paling Cocok?

Nah setelah tahu definisinya, kira-kira mana yang paling cocok nih buat yang berstatus single? Pastinya, dua-duanya sama penting.

Semua manusia yang ada di dunia ini pasti meninggal dunia bukan? Yang jadi masalah kita gak tahu kapan kita mangkat. Berarti asuransi jiwa itu penting. Uang pertanggungan asuransi jiwa juga bisa meng-cover biaya penyakit yang mungkin diderita sebelum meninggal dan juga sebagai warisan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Kalau asuransi kesehatan pasti dibutuhkan untuk meringankan beban atas biaya pengobatan. Asuransi ini bisa dipakai beberapa kali, dan berguna banget buat menekan pengeluaran bila biaya berobat relatif mahal.

Kalau dua-duanya penting, berarti harus punya semuanya dong? Kalau penghasilan per bulan gak cukup untuk bayar premi gimana? Tenang, perhatikan poin-poin di bawah ini.

1. Ketahui pengeluaranmu untuk biaya asuransi

Sebelum membeli asuransi, ketahui dulu berapa dana yang kamu anggarkan untuk membayar asuransi per bulan. Tentunya, penghasilanmu gak hanya dipusatkan untuk asuransi kan, ada tabungan dan investasi juga.

Jangan cuma taunya belanja doang. Asuransi lebih penting, jadi harus diprioritaskan ya (belanja/ blogspot)
Jangan cuma taunya belanja doang. Asuransi lebih penting, jadi harus diprioritaskan ya (belanja/ blogspot)

Premi asuransi jelas nilainya beda-beda tergantung nilai pertanggungannya. Tapi umumnya, biaya premi asuransi kesehatan lebih besar daripada asuransi jiwa. Makanya, tentukan dulu biayanya di awal sebelum beli asuransi ya.

2. Punya dana darurat?

Kamu punya dana darurat? Kalau belum punya atau belum cukup, prioritaskan dirimu dulu untuk menabung dana darurat.

Kok gitu? Karena dengan dana darurat, kamu bisa menentukan, apakah kamu butuh asuransi kesehatan atau asuransi jiwa saja.

Sejatinya dana darurat juga bisa dimanfaatkan untuk biaya berobat. Oleh karena itu, ketersediaan dana darurat bakal mempengaruhi keputusanmu untuk memilih asuransi.

3. Apa kamu tipe orang yang mudah sakit atau sering diopnam?

Kalau sakit hati sih ya gak di-cover asuransi kesehatan dong bro (sakit hati/ healheartbreaknow)
Kalau sakit hati sih ya gak di-cover asuransi kesehatan dong bro (sakit hati/ healheartbreaknow)

Pertanyaan ini juga patut ditanyakan kepada dirimu sendiri. Bila dalam waktu lima tahun terakhir kamu punya riwayat sakit, maka asuransi kesehatan sangat diperlukan. Apalagi kalau kamu memang langganan berobat ke rumah sakit.

Tapi jika yang kamu alami adalah sebaliknya, berarti asuransi jiwalah yang cocok buatmu. Dan kamu bisa mengambil paket pertanggungan untuk penyakit kritis.

4. Apa kamu punya tanggungan?

Jika kamu memiliki tanggungan seperti istri atau anak, maka asuransi jiwalah yang tepat untukmu. Uang pertanggungan asuransi jiwa dapat digunakan untuk menggantikan penghasilan yang hilang dan membiayai kebutuhan hidup mereka jika terjadi risiko meninggal dunia atau cacat total.

Khusus buat kamu yang masih single, setelah baca tulisan ini sudah tahukah asuransi apa yang pas buatmu? Beda situasi atau kondisi kesehatan tentu beda juga dong asuransinya.

Semoga bermanfaat, jangan salah pilih asuransi ya.

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Punya Pekerjaan Berisiko, Lebih Baik Punya Asuransi Jiwa atau Kecelakaan Diri?]

[Baca: Gak Semua Orang Butuh Asuransi Jiwa. Prioritaskan Kalau Kamu Punya 5 Ciri Ini]

[Baca: Sebelum Menjatuhkan Pilihan, Simak Dulu Hal-hal Penting Memilih Agen Asuransi Kesehatan Ini]

Sumber; https://blog.duitpintar.com/masih-single-pilih-asuransi-jiwa-kesehatan-ya/

KLIK DISINI untuk menuju ke sumber berita atau informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *