Kolesterol Tinggi – Makanan Penurun dan Penambah Kolesterol

28 views

Orang dengan kolesterol atau trigliserida yang lebih tinggi dapat memperoleh manfaat dari diet yang lebih tinggi lemak tak jenuh tunggal dan rendah karbohidrat, terutama gula sederhana. Sumber lemak tak jenuh tunggal yang umum adalah minyak zaitun.

doktersehat-popcorn-tidak-baik-untuk-prima-sperma

Ester Stanol dapat dimasukkan dalam makanan dan dapat mengurangi LDL sekitar 14%. Produk yang mengandung ester stanol termasuk pengganti margarin (dipasarkan sebagai merek Benecol dan Take Control).

Makanan apa yang membantu menurunkan kadar kolesterol?
Makanan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan mekanisme yang berbeda. Makanan berserat tinggi mengikat kolesterol dan menyulitkan untuk diserap. Beberapa tanaman mengandung stanol dan sterol, yang mencegah kolesterol diserap ke dalam aliran darah. Contoh makanan penurun kolesterol meliputi:

  • Oat dan biji-bijian lainnya
  • Kacang polong
  • Apel, stroberi, dan anggur
  • Buah sitrus
  • Kedelai
  • Ikan berlemak
  • Makanan yang diproduksi atau diperkaya mengandung sterol dan stanol, seperti beberapa jus jeruk dan margarin

Makanan apa yang harus Anda hindari karena dapat meningkatkan kadar kolesterol?
Ada beberapa makanan yang memiliki kecenderungan untuk meningkatkan kolesterol dan harus dihindari jika memungkinkan:

  • Kuning telur
  • Kerang
  • Produk susu termasuk mentega dan keju, termasuk krim keju
  • Daging olahan seperti daging asap
  • Makanan panggang yang dibuat dengan lemak hewani
  • Makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng, dan ayam goreng
  • Makanan ringan seperti popcorn microwave karena kandungan garam dan mentega yang tinggi
  • Daging merah

Sumber: http://doktersehat.com/makanan-penurun-dan-penambah-kolesterol/

KLIK DISINI untuk menuju ke sumber berita atau informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *