4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Bahasa Pemrograman Kotlin

70 views


Ikhtisar
  • Bahasa pemrograman Kotlin layak kamu coba karena dinilai singkat, aman, mendukung library dari bahasa pemrograman Java, serta lebih tool friendly.

Pada acara Google I/O 2017 yang berlangsung pada bulan Mei 2017 yang lalu, Google resmi mengumumkan masuknya Kotlin sebagai salah satu bahasa pemrograman resmi untuk Android. Hal ini pun disambut baik oleh para developer yang memang telah mencoba bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains tersebut.

“Ketika pengumuman tersebut, saya kebetulan tengah berada di Google I/O dan duduk di baris kelima. Dan semua pengunjung yang hadir langsung berteriak ketika hal tersebut diumumkan,” ujar Sidiq Permana, Google Developer Expert untuk Android.

Kotlin sendiri merupakan bahasa pemrograman statis yang bisa digunakan untuk JVM, Android, Browser, dan Native. Bahasa tersebut saat ini telah digunakan oleh beberapa startup terkenal, mulai dari Pinterest, Trello, Uber, hingga startup on demand tanah air GO-JEK.

Apa sebenarnya kelebihan dari bahasa pemrograman ini yang membuatnya bisa menjadi bahasa pemrograman resmi Android dan diminati banyak developer?

Singkat

Kotlin Mudah

Menurut Budi Oktaviyan Suryanto, Associate Mobile Developer di GO-JEK, Kotlin merupakan bahasa yang lebih sederhana dibanding Java. Deskripsi variabel yang sebelumnya bisa mencapai beberapa baris, kini menjadi hanya satu baris.

Aman

Kotlin Aman

Salah satu hal penting yang menjadi keunggulan bahasa pemrograman ini adalah cara mereka dalam menangani sebuah bentuk error yang bernama Null Pointer Exception. “Hal ini dimungkinkan karena Kotlin memeriksa error tersebut saat compilation time, bukan pada saat run time seperti bahasa pemrograman lain,” jelas Sidiq.

Interoperable

Kotlin Interoperable

Sidiq pun menyatakan kalau bahasa pemrograman ini telah mendukung library dari bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu, para developer tidak perlu ragu untuk mengubah sebuah produk lama yang dibuat dengan Java, menjadi berbasis Kotlin.

Tool Friendly

Kotlin Tool

JetBrains, pengembang dari Kotlin, pun telah menyiapkan beberapa bantuan untuk para developer. Salah satu contohnya adalah dengan kehadiran rekomendasi syntax, yang membuat para developer tidak perlu menghafal semua syntax tersebut.


Artikel ini merupakan bagian dari liputan Tech in Asia Product Development Conference 2017 yang berlangsung pada tanggal 9 dan 10 Agustus 2017. Ikuti seluruh liputannya di sini.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Bahasa Pemrograman Kotlin appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Sumber: https://id.techinasia.com/alasan-mencoba-kotlin

KLIK DISINI untuk menuju ke sumber berita atau informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *